Selasa, 29 Maret 2016

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB (IBD)

A.  PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
            Tanggung jawab adalah menanggung segala sesuatu sebagai kesadaran dan kewajibannya akan tingkahlaku atau perbuatannya yang dilakukan secara sengaja maupun yang tidak disengaja karena adanya kesadaran atas segala perbuatan dan akibatnya atas kepentingan pihak lain. Tanggung jawab timbul karena manusia hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam yang mengharuskan untuk tidak berbuat semaunya agar terciptanya suatu keselarasan,keseimbangan, keserasian antara manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam.Seperti hal nya mahasiswa yang sudah mendapatkan kesempatan untuk kuliah disuatu universitas. Disana mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk belajar, mengerjakan tugas dan menjalani ujian. Disinilah dilihat, mahasiswa yang mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik, biasanya mendapatkan haknya, seperti nilai A. begitu pula sebaliknya. Saya tahu, setiap tanggung jawab butuh pengorbanan. Untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, kita harus mengabdi dan berkorban untuk mendapatkannya. Jika Tuhan tidak memberikan sesuatu yang kita inginkan, itu berarti Tuhan sedang mempersiapkan yang lebih baik untuk kita.

B.   MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
(a)  Tanggung jawab terhadap diri sendiri
            Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya  sendiri dalam kepribadian sebagai manusia pribadi. Contoh : Reza membaca sambil berjalan. Meskipun sebentar-sebentar ia melihat jalan,  tetap juga ia lengah dan terperosok ke sebuah lobang kakinya terkilir. Ia menyesali dirinya sendiri akan kejadian itu. Ia harus beristirahat dirumah beberapa hari. Konsekwensinya ia harus tinggal di rumah beberapa hari yang merupakan tanggung jawab sendiri akan kelengahannya.
(b)  Tanggung jawab terhadap keluarga
            Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-istri, ayah-ibu dan anak-anak dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Contoh : Seorang ibu telah dikarunia tiga anak, kemudian oleh sesuatu sebab suaminya meninggal dunia, karena ia tidak mempunyai pekerjaan/tidak bekerja pada waktu  suaminya masih hidup maka demi rasa tanggung jawabnya terhadap keluarga ia melacurkan  diri.
(C)  Tanggung jawab terhadap Tuhan
         Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab Iangsnng ternadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman  Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab sud melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukuman-hukuman tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Contoh : Seorang biarawati dengan ikhlas tidak menikah selama hidupnya karena dituntut tanggung jawabnya terhadap Tuhan sesuai dengan hukum-hukum yang ada pada agamanya, hal ini dilakukan agar ia dapat sepenuhnya mengabdikan diri kepada Tuhan demi rasa tanggung jawabnya. Dalam  rangka memenuhi tanggung jawab ini ia berkorban tidak memenuhi kodrat manusia   pada umumnya yang seharusnya meneruskan keturunannya yang sebetulnya juga  merupakan sebagian tanggung jawabnya sebagai mahluk Tuhan.

Sumber :
http://karaminafuadygunadarma.tumblr.com/post/40487307572/tugas-ibd-8-manusia-dan-tanggung-jawab
https://googleweblight.com/?lite_url=https://sanusiadam79.wordpress.com/2013/05/01/manusia-dan-tanggung-jawab/&ei=aaJcSb9W&lc=id-ID&s=1&m=180&host=www.google.co.id&ts=1459255790&sig=APY536yUFlYcYVHRJe-bK_dNXp_TCxXpVA

http://akiranadhira.blogspot.co.id/2015/05/manusia-dan-tanggung-jawab.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar