Kamis, 12 Januari 2017

TREND SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG KESEHATAN DAN MEDIA (NEW MEDIA)

A. Bidang Kesehatan
1. Perkembangan , manfaat dan peranan komputer di bidang kesehatan
Komputer adalah salah satu alat yang digunakan oleh manusia untuk mengolah data atau informasi yang ada sesuai dengan prosedur atau aturan yang sudah di buat. Saat ini komputer memiliki peran penting bagi banyak orang dalam berbagai bidang. Karena komputer dapat dimanfaatkan oleh siapa aja. Seiring berkembangnya jaman komputer juga banyak mengalami perubahan seperti bahasan di artikel sebelumnya , perkembangan komputer dibagi kedalam 5 generasi begitupun dengan komputer yang digunakan dalam bidang kesehatan. Salah satu contohnya alat USG (Ultrasonography) yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa keadaan bayi yang ada di dalam perut sang ibu. Awalnya gambar yang di hasilkan oleh USG sangatlah sederhana warna yang digunakan dalam mencetak foto keadaan sang bayi pun hanya berwarna hitam dan putih. Namun semakin berkembangnya zaman pada saat ini terdapat yang namanya USG 4 dimensi dimana gambar yang dihasilkan dari alat USG jelas keadaan sang bayi begitupun dengan bentuk muka , tangan dan juga kaki sang bayi.


Selain itu komputer memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan seperti :
  • Untuk membangun sistem informasi rumah sakit secara luas, agar dapat mempermudah dalam menyampaikan informasi dari berbagai bidang kesehatan yang ada di dalam rumah sakit.
  • Untuk meningkatkan pelayanan dalam merawat pasien.
  • Untuk membuat sistem pengelompokkan pasien.
  • Untuk membuat rekam medis.
  • Untuk mengembangkan E-health di rumah sakit.
Di bidang kesehatan tentunya komputer memiliki peranan yang dapat membantu pekerja di bidang kesehatan seperti beberapa bagian yang terdapat dalam rumah sakit di bawah ini :
a. Bagian administrasi
Dengan adanya komputer dapat membantu bagian administrasi untuk mengumpulkan , menyimpan , mengelompokan hingga mengelolah data dalam jumlah banyak. Oleh karna itu komputer dapat membantu bagian administrasi dalam hal pendaftaran , perencanaan biaya , penjadwalan dokter maupun staf lainnya , penyimpanan data pasien dan juga dalam hal pembayaran. 
b. Bagian farmasi 
Dengan adanya komputer bagian farmasi dapat dengan mudah menyimpan data obat obatan yang ada dan tidak ada. Selain itu harga obat tersebut juga dapat disimpan dan juga biasanya sudah di kelompokkan di komputer tersebut. Hal tersebut membantu seorang apoteker untuk memberikan obat yang tepat dan tersedia untuk si pasien.

2. Sistem e-health
E-health adalah sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan dam pelayanan di bidang kesehatan. Hal ini dapat juga terjadi karna perkembangan zaman dimana teknologi sangat di pergunakan untuk mempermudah segala hal. Dan juga e-health ini dapat meningkatkan akses , efisiensi , efektifitas dan juga kualitas dalam pelayanan.
Sedangkan sistem e-health adalah sebuah sistem yang di haruskan mampu mengintegritasikan proses dunia medis yang sangat luas dan kompleks. Selain itu juga dapat mengakomondasikan kepentingan bersama yang tergabung dalam sistem tersebut. Sistem e-health ini dapat digambarkan dalam bentuk diagram seperti gambar dibawah ini.

Selain itu sistem e-health juga memiliki beberapa manfaat yaitu :
  • Dapat meningkatkan akurasi dalam diagnosa dan juga kesesuaian obat yang di berikan.
  • Dapat memberikan pelayanan yang sesuai terhadap individu dimana tidak memungkinkannya untuk mengambil keputusan yang terbaik berdasarkan bukti data yang ada.
  • Dapat mengurangi kesalahan dalam melyani pasien. 
E-health sendiri dapat mempermudah interaksi antara individu dengan para praktisi medis atau kesehatan yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan. Seperti untuk menangani pendaftaran secara online yang di lakukan oleh pasien. Dimana pasien dapat melihat jadwal dokter yang akan mereka pilih lalu mereka akan mendapatkan nomor antrian dan juga jadwal pemeriksaannya. Hal tersebut dapat mempermudah pasien dalam melakukan pemeriksaan ke dokter tanpa harus membuang banyak waktu.

3. Bioinformatika
Bioinformatika merupakan cabang ilmu biologi yang menggabungkan pengetahuan biologi , bioteknologi dan biologi molekuler dengan teknologi informasi yang berupa komputer dan juga internet. Hal ini memiliki tujuan untuk memahami organisme hidup melalui perkembangan bioinformatika. Bioinformatika sendiri sudah banyak digunakan oleh beberapa bidang seperti :
  • Bioinformatika dalam bidang klinis contohnya EMR (Electrical Medical Record)
  • Bioinformatika yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit baru
  • Bioinformatika yang digunakan untuk penemuan obat


B. Bidang Media / New Media
1. Manfaat new media dapat dirasakan dalam berbagai bidang diantaranya :
  • Pada bidang pendidikan dapat mempermudah pelajat atau mahasiswa dalam mencari materi yang diperlukan oleh mereka. Hal tersebut dapat mengurangi biaya untuk membeli buku dan juga untuk mengurangi waktu yang mereka gunakan.
  • Pada bidang kesehatan seseorang dapat mencari bahan alami yang dapat digunakan untuk obat dengan hanya mencarinya di website.
  • Dalam mencari pekerjaan seseorang dapat mendapatkan info lowongan kerja dengan cepat.
  • Dalam hal jual beli seseorang dapat menjual barang dengan cepat dan juga pembeli dapat menemukan barang yang dia inginkan.

2. Tantangan new media
Di Indonesia media tidak selalu memiliki kriteria yang sama di setiap zaman nya. Seperti pada zaman orde lama media di tuntut untuk memiliki tujuan yang sejalan dengan cita cita bangsa untuk menyelesaikan revolusi national. Sedagkan pada zaman orde baru media dibuatkan peraturan peraturan untuk membatasi kebebasan media. Walaupun pada masa ini media di beri kebebasan namun tetap saja media selalu memiliki tantangan sendiri untuk kedepannya. Dan di bawah ini merupakan beberapa faktor yang menjadi tantangan bagi media :
  • Perubahan social dan budaya 
  • Perubahan teknologi media yang semakin maju 
  • Krisis financial global

3. Elemen new media
Dalam bidang media pasti memiliki beberapa elemen untuk medukung adanya sebuah komunikasi diantaranya sebagai berikut :
  • Komunikator adalah elemen pertama pada new media karna pada masa ini persaingan menjadi semakin tinggi. namun kompleksitas komunikator pada new media jauh lebih simple dari yang sebelumya.
  • Yang kedua dalam new media juga harus memiliki pesan yang terdiri dari code dan content (isi). Dimana code disini adalah sistem simbol yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau isi komunikasi. Sedangkan content adalah makna yang ada dalam pesan tersebut. 
  • Yang ketiga adalah komunikan. Komunikan memiliki beberapa karakteristik seperti dalam jumlah yang banyak , tidak memiliki sifat yang sama satu dengan lainnya , dan mereka terpisah secara fisik.

4. SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah salah satu contoh kasus dalam new media. Dan SEO sendiri merupakan sebuah aktifitas tertentu di situs web agar para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi situs web yang bertujuan untuk meningkatkan visabilitas sebuah situs website. SEO memiliki beberapa keuntungan seperti dapat meningkatkan penjualan  pada sebuah situs belanja online , lebih fleksibel dalam menentukan judul dan deskripsi website dan juga membangun otoritas dan brand perusahaan secara online.


Daftar Pustaka
http://semseomanagement.com/apa-itu-seo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar