Kamis, 03 November 2016

PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI DAN TREN TEKNOLOGI SAAT INI

Profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dalam suatu bidang , dapat di andalkan dan juga dapat bertanggung jawab dalam hal yang ia kerjakan. Sedangkan profesionalisme adalah kompetensi untuk melakukan sebuah tugas secara baik dan benar dari seorang yang profesional.
Ciri – ciri profesionalisme :
  •   Memiliki keiginan untuk tampil semaksimal mungkin dalam tugasnya.
  • Meningkatkan dan juga memelihara penampilan agar orang menilainya dengan baik , bisa secara personality maupun penampilan.
  • Memiliki keinginan untuk selalu mengembangkan kemampuan untuk meningkatkan kualitas diri.
  • Mengejar sebuah kualitas dalam profesi.


Kode etik profesi merupakan suatu norma yang memiliki ketetapan yang berbeda beda. Kode etik mengarahkan sebuah profesi dalam memberi petunjuk dengan aturan bagaimana yang seharusnya di lakukan agar tidak menyimpang sekaligus menjamin mutu profesi itu sendiri di mata masyarakat. Karena kode etik merupakan sebuah aturan maka apabila orang yang menyimpang dari kode etik yang ada akan memberikan efek buruk kepada orangnya bahkan profesi dan juga kelompoknya. Selain itu apabila kita tidak mengikuti kode etik kita bisa mendapatkan hukuman mulai dari tingkat rendah seperti teguran sampai yang tinggi atau masuk ke penjara. Namun tidak selamanya kode etik tetap sama terkadang kode etik juga dapat di ubah sesuai dengan kebutuhan atau dari lingkungan.

Jenis – jenis profesi it :
  1. System analisis adalah profesi yang dapat mengembangkan atau memodifikasi sebuah sistem untuk meningkatkan jalur pekerjaan. Ia juga menguji , memelihara, dan memantau program komputer dan juga sistemnya. Selain itu ia juga dapat berunding dengan klien untuk menyelesaikan masalah yang dimiliki oleh klien.
  2. Network system and data communication analys adalah profesi yang menguji atau mengevaluasi sebuah hardware dan software untuk menentukan sebuah efisiensi, rehabilitas dan kompabilitas dengan sistem yang dimilikinya. Ia bisa juga mendesain dan mengimplementasikan sistem, konfigurasi jaringan, dan arsitektur jaringan.
  3. Computer security specialis adalah profesi yang bergerak dalam keamanan dari sebuah komputer agar data atau sistemnya tidak dapat di ubah oleh orang lain. Seperti membangun firewall yang berguna untuk melindungi informasi yang bersifat rahasia.
  4. Web developers adalah profesi yang mendesai , membangun atau memelihara situs web dengan menggunakan authoring atau bahasa scripting. Mengidentifikasikan masalah pada web dan memberikan solusinya.
  5. Database administrator adalah profesi yang bekerja dalam mengelola sebuah database. Ia dapat menguji sebuah database jika terjadi kesalahan bisa dia perbaiki ataupun dia kembangkan dengan memodifikasinya.  



Standar Profesi di Indonesia
Saat ini TI di indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Maka dari itu dinamika industri pada bidang ini juga mengalami perkembangan. Sehingga perkembangan ini membutuhkan sebuah aturan yang lebih baik dan tepat terhadap profesi tersebut. Hal tersebut menimbulkan kebutuhan untuk dibuatnya suatu standar profesi di bidang tersebut. Namun seseorang yang memenuhi syarat pengetahuan dan keterampilan belum tentu dapat memenuhi syarat sebagai profesional ti masa ini.
Sehingga memerlukan langkah langkah untuk menentukan standar profesi di indonesia diantaranya sebagai berikut :
  • Penyusunan kode etik profesional
  • Penyusunan klasifikasi pekerjaan
  • Penerapan mekanisame sertifikasi untuk seorang profesional
  • Penerapan sistem akreditasi untuk pusat pelatihan dalam upaya pengembangan profesi
  • Penerapan mekanisme re-sertifikasi



Sertifikasi Nasional dan Internasiona
1. Sertifikasi software dan database development.
  • Oracel merupakan sebuah software database. Oracel sendiri menjadi salah satu dari sertifikasi populer dan banyak dicari.

  • Microsoft merupakan satu jenis sertifikasi yang menawarkan untuk penguasaan teknologi produk database andalannya, Microsoft SQl Server.

2. Sertifikasi administration dan montrenancea.
  • Oracle Certified DBA Associate
  • Oracle Certified DBA Professional
  • Oracle9iAS Web Administrator
  • Microsoft Certified DBA
  • Cisco Certified Network Associate (CCNA)
  • CompTIA Network+
  • Master CIW Administrator
  • WOW Certified Web Administrator Apprentice (CWAA)
3. Serifikasi management dan audit
  • CISA (Certified Information Systems Auditor)
  • CISM (Certified Information Security Manager)
  • CISSP (Certified IS Security Professional)

  • CIA (Certified Internal Auditor)

Tren Produk Perbankan
Dalam bodang perbankan juga sangat mengikuti zaman dimana serba teknologi jadi mau tidak mau perbankan juga harus mengikutinya. Seperti halnya sebuah jaringan internet global dilakukan dalam mengakses seluruh atm yang tersebar dimana mana agar bank tetap bisa mengontrol atau mengetahui transaksi apa saja dan siapa saja yang melakukannya tanpa harus mendatanya secara manual. Karna jumlah penduduk sebuah negara tidaklah sedikit. Jadi semua itu membuat sebuah perusahaan bank mengubah strategi dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utamanya seperti :
  • Adanya transaksi berupa Transfer uang via mobile maupun via teller.
  • Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24 jam.
  • Penggunaan Database di bank – bank.
  •  Sinkronisasi data – data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.


E-commerce  merupakan sebuah aplikasi perdagangan yang memanfaatkan fasilitas internet dan menjadikan setiap individu dapat tersambung secara digital ke perusahaan atau individu untuk melakukan transaksi bisnis

E- government merupakan sistem informasi pemerintahan berbasis web dan internet sebagai protocol untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada warganya secara cepat dan murah. Contoh aplikasinya meliputi : KTP, Pajak, Fiskal dan SIM on-line.

E- resourches merupakan suatu bentuk Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Pendapatan Bagi Hasil Eksplorasi Sumber Daya Alam (SDA) yang saat ini masih diimplementasikan dibidang kelautan. Dimana Pemerintah selaku pemegang hak pengelolaan membuat situs Internet tentang seluruh kandungan kekayaan alam, kebijakan ekploitasi, pola bagi hasil dan tatacara pembayarannya. Pendapatan bagi hasil dengan investor yang mengeksploitasi SDA tersebut dikelola secara on-line ke Bank.

Path merupakan salah satu aplikasi atau media sosial di era teknologi sangat berpengaruh seperti sekrang ini. Dimana media sosial merupakan salah satu hal yang harus dimiliki dikalangan anak muda agar mereka dapat berbagi atau memperlihatkan keseharian dari masing masing personal. Dan media sosial path sendiri memberikan fasilitas bagi anak muda untuk membagikan banyak hal seperti foto atau video , lagu yang sedang di putar oleh si pengguna, atau film yang sedang mereka tonton, buku yang sedang mereka baca, dan juga fasilitas yang tersambung dengan gps untuk membagikan lokasi dimana si pengguna berada.


Daftar Pustaka
http://bomy-id.blogspot.co.id/2014/05/jenis-jenis-profesi-dan-deskripsi.html
iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31005/Jenis+profesi+IT.doc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar