Kamis, 29 Oktober 2015

ILMU SOSIAL DASAR

PENGERTIAN
Ilmu Sosial dasar adalah ilmu pelajaran baru yang dikembangan di perguruan tinggi. Pengembangan ilmu soial dasar ini sejalan dengan adanya realisasi pengembangan ide dan pembaruan dalam sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif yang dapat di pergunakan sebagai pendekatan  , sekaligus sebagai sarana untuk mencari jalan keluar dalam menyelesaikan masalah - masalah sosial yang berkembang dalam masyarakat saat ini .

TUJUAN

Untuk membantu menyelesaikan masalah - masalah yang biasa kita hadapi terutama dalam bidang sosial melalui pendekatan interdisipliner maupun multidisipliner dan juga untuk perkembangan wawasan pemikiran dan juga kepribadian agar memiliki wawasan pemikiran yang lebih luas . Dan ilmu sosial dasar di later belakangi oleh banyaknya kritikkan - kritikkan yang ditujukan until sistem pada perguruan tinggi.

RUANG LINGKUP

  1. Terdapat berbagai aspek dalam kehidupan yang bersifat bersama merupakan suatu masalah sosial, karena biasanya suatu masalah sosial bisa diselesaikan dengan penyelesaian yang berbeda - beda dalam bidang - bidang pengetahuan dan keahlian yang berbeda - beda pula , yang bersifat sebagai pendekatan tersendiri, maupun antar bidang .
  2. Terdapat beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat saat ini yang masing - masing mempunyai kepentingan dan kebutuhan serta pola - pola pemikiran dan tingkah laku sendiri, tetapi juga terdapat banyak persamaan kepentingan dan kebutuhan serta persamaan dalam pola - pola pemikiran dan tingkah laku yang menyebabkan adanya pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerjasama dalam masyarakat .

FENOMENA

  1. Adanya jarak yang cukup besar antara manusia yang memiliki kecukupan dengan yang tidal memiliki kecukupan.
  2. Banyaknya manusia yang melakukan aksi korupsi dan manusia yang melakukan kejahatan lainnya yang di karenakan faktor ekonomi .
  3. Banyaknya anak anak usia dini yang susah berani melakukan kekerasan terhadap temannya sendiri. Maupun kekerasan yang dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak anak .


Sumber: Ilmu Sosial Dasar
Disusun oleh: Drs. H. Abu  Ahmadi , dkk
Penerbit: RINEKA CIPTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar